Prasarana SAR adalah tempat dan bangunan yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas/ operasi SAR Kantor SAR Merauke, yang meliputi :

a.     Kantor (Gedung)

Kantor SAR Merauke terdiri dari 1lantai, menempati tanah seluas 5200 meter persegi dengan bangunan seluas 264 meter persegi. Kantor SAR Merauke dibangun pada tahun 2006.

Pos SAR Okaba terdiri dari 1 lantai, menempati tanah seluas 10000 meter persegi dengan bangunan sebesar 300 meter pesegi, dibangun pada tahun 2009.

b.     Shelter sarana SAR darat

Shelter pertama Kantor SAR Merauke menempati areaseluas 104 meter persegi dan shelter kedua seluas 54 meter persegidari tanah yang ada. Sedangkan shelter Pos SAR Okaba menempati are seluas 73,3 meter persegi. Shelter ini menjadi tempat penyimpanan berbagai sarana SAR darat sepertiRescue Truck,Rescue Car,dan Truck Personil.Saat ini kondisi shelter dalam keadaan baik.

c.      Shelter sarana SAR laut

Shelter ini digunakan untuk tempat sandar RB 107 dan RB 108. Shelter berada di dermaga milik Kantor SAR Merauke yang dibangun pada tahun 2011 di Kampung Sidomulyo di tanah seluas 7500 meter.

d.     Gudang Peralatan SAR

Gudang peralatan SAR di Kantor SAR Merauke terdiri dari ruangan seluas7,75 x12 meter. Gudang peralatan SAR di Pos Okaba terdiri dari ruangan seluas 10 x 8 meter. Digunakan untuk menyimpanPeralatan SARdan Perlengkapan SAR.

e.    Mess SAR

Mess SAR berukuran 5 x 10 meter berjumlah 3 petak dan Mess SAR yang berukuran 6 x 18 meter berjumlah 3 petak. Digunakan sebagai tempat tinggal untuk beberapa pegawai Kantor SAR Merauke.

f.       Tower Rappeling

 Tower yang ada di Kantor SAR Meraukeberdiri sejak tahun 2005. Tower setinggi15 meter ini digunakan untuk latihan SAR dankondisi tower saat ini dalam keadaan baik.